Pengumuman

SAMBUTAN KEPALA SMPN 2 GARUT

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Seraya memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah kita tak terasa akan memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021.  Semoga di tahun pelajaran yang baru ini kita semua selalu diberi kekuatan dalam melaksanakan amal ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Aamin.

Tahun Pelajaran 2020/2021 diawali dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Perlu kami informasikan kepada masyarakat Kabupaten Garut dan sekitarnya bahwa pelaksanaan PPDB tahun ini di SMPN 2 GARUT dilaksanakan secara online. Dan merupakan Tahun ke-4 SMPN 2 GARUT melaksanakan PPDB Online.


Alasan diterapkannya PPDB ONLINE sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut, tentang Juklak Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021 yang telah memberi ruang kepada sekolah yang siap melaksanakan PPDB dengan sistem online.
  2. Agar pelaksanaan PPDB lebih demokratis, transfaran, objektif, dan efektif sehingga dihasilkan calon siswa baru yang berkualitas.
  3. Agar para siswa SMPN 2 GARUT terbiasa menggunakan perangkat teknologi komputer.
  4. Membangun budaya melek menggunakan internet, 
  5. Agar semua warga masyarakat Kabupaten Garut dan sekitarnya dapat mengakses segala informasi terkait dengan PPDB SMPN 2 GARUT
  6. Adanya dukungan dari semua warga SMPN 2 GARUT dan stakeholders pendidikan lainnya.

Akhirnya, Saya sebagai pimpinan sekolah, mengucapkan selamat kepada SMPN 2 GARUT yang konsisten melaksanakan PPDB tahun pelajaran 2020/2021 dengan sistem online. Khusus kepada panitia PPDB tahun ini saya ucapkan selamat berjuang. Semoga Allah SWT melindungi kita semua. Amin.


Terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

Garut, 21 April 2020
Kepala 
SMPN 2 GARUT,

 

Dr. H. Budi Suhardiman, M.Pd.
NIP 19690220 199412 1 005
Pembina Utama Muda IV/c


 






VERIFIKASI BERKAS PENDAFTARAN

Semua Berkas Persyaratan dimasukan ke dalam MAP : 

  • Bukti Pendaftaran Online (ditempel di depan Map).
  • Surat Keterangan Lulus Asli
  • Fotocopy ijazah yang dilegalisir, sebanyak 2 (dua) lembar untuk calon peserta didik SMP (Jika sudah ada).
  • SKHUS asli untuk calon peserta didik SMP (jika ada)
  • Rekap Nilai Rapor Kelas 4,5, dan 6.
  • Photocopy Rapor Kelas 4,5, dan 6 (jalur Prestasi Akademik) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  • Piagam Prestasi Kejuaraan Asli dan Surat Pernyataan Mutlak dari Penyelenggara (Jalur Prestasi Non Akademik dan Akademik Kejuaraan
  • Photocopy Kartu KIP/KKS/PKH/KPS/KIS (Jalur Afirmasi )
  • Photocopy SK Pindah Tugas Orangtua (Jalur Pindah Tugas Orangtua)
  • Surat  Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah.
  • Fotocopy akte kelahiran.
  • Fotocopy Kartu Keluarga dan atau Surat Keterangan Domisili (Jalur Zonasi)
  • Fotocopy ijazah atau sertifikat pendidikan Diniyah atau surat keterangan dari sekolah yang menyatakan mampu baca tulis Al Quran bagi Calon Peserta Didik beragama Islam.
  • Membawa Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab. Garut dan bukti Pendaftaran Online bagi Calon Peserta Didik yang berasal dari luar Kabupaten Garut dan lulusan sebelum Tahun Pelajaran 2019/2020.

Catatan : 

  • Pada saat verifikasi, pendaftar hanya menyerahkan berkas dan mengisi daftar penyerahan berkas saja, tidak harus ditunggu.
  • Pendaftar memantau di web PPDB Online untuk mengecek apakah berkas sudah lengkap atau ada yang perlu perbaikan.






WAKTU PELAKSANAAN

WAKTU PELAKSANAAN PPDB ONLINE - TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

28 April   s.d. 26 Juni 2020      :    Promosi dan Pendaftaran online  

15  s.d. 19 Juni 2020               :    Verifikasi dan Validasi Berkas Jalur  Zonasi

22 s.d. 24 Juni 2020                :    Verifikasi dan Validasi Berkas Jalur  Prestasi

25 – 26 Juni 2020                    :    Verifikasi dan Validasi Berkas Jalur Afirmasi dan Perpindahan Tugas Ortu

09 Juli 2020                             :    Pengumuman hasil Seleksi  

09  s.d. 11 Juli 2020                 :    Daftar Ulang

13 Juli 2020                             :    Permulaan tahun pelajaran baru

13 s.d. 15 Juli 2020                  :    Pelaksanaan MPLS bagi Siswa Baru






PENGELOMPOKKAN BERKAS

Semua Persyaratan CALON PESERTA DIDIK dimasukan kedalam MAP dengan ketentuan :

  1. MAP WARNA BIRU            : untuk CALON PESERTA DIDIK Jalur ZONASI
  2. MAP WARNA MERAH        : untuk CALON PESERTA DIDIK Jalur JALUR PRESTASI
  3. MAP WARNA HIJAU          : untuk CALON PESERTA DIDIK Jalur PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA/WALI
  4. MAP WARNA ORANGE     : untuk CALON PESERTA DIDIK Jalur AFIRMASI






Penulisan No Peserta UASBN

Untuk Penulisan Nomor Peserta UASBN terdiri dari 14 Digit contoh : 1-16-02-17-0001-0002-2

1         = kode untuk SD

16       = Tahun Angkatan/Keluar

02       = Kode Jawa Barat

17       = Kode Kabupaten

0001     = Kode Sekolah

0002-1  = Nomor Peserta

Terima Kasih 






PERSYARATAN YANG HARUS DI UPLOAD

Semua Persyaratan di Scan berbentuk .JPG dan tidak boleh lebih dari 1 Mb.

  • Poto 3 x 4 berwarna, berlatar merah.

  • Surat Keterangan kelulusan Asli.

  • SKHUS/M Asli. (Jika tidak ada, diabaikan),

  • Akte Kelahiran Asli.

  • Kartu Keluarga Asli dan atau surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh lurah atau kepala desa setempat yang menerangkankan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling sedikit 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya  surat keterangan domisili tersebut.

  • Rekap Nilai Rapor untuk 3 mata pelajaran ( Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA) kelas 4,5 dan 6  yang ditandangani oleh kepala sekolah (Format bisa di download di PPDB Online)

  • Sertifikat Olimpiade Sain Nasional (OSN) atau Kejuaraan Akademik minimal Tk. Kabupaten/Kota dan Surat Pernyataan dari Penyelenggara. ( untuk yang mengambil JALUR PRESTASI AKADEMIK).

  • Sertifikat Kejuaraan dan Surat Pernyataan Sertifikat Asli dari Penyelenggara [dibuat satu file jangan dipisah]. (untuk yang mengambil JALUR PRESTASI  NON-AKADEMIK)